DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR)  HARUS  MENELADANI KINERJA PRESIDEN JOKO WIDODO

BERITA ONLINE3,333 views

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR)

 HARUS  MENELADANI KINERJA PRESIDEN JOKO WIDODO

 

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia  harus bercermin pada pemerintahan Presiden Joko Widodo yang bersahaja dan fokus untuk mewujudkan Negara Kesejahteraan (welfare state), melalui kebijakan  REFORMA AGRARIA dan REFORMASI BIROKRASI.

Karakter hukum yang dihasilkan dalam pemerintahan yang demokratis adalah bersifat responsive dan akomodatif. Substansi hukum yang diformulasikan dalam setiap peraturan perundang – undangan harus merefleksikan pengakuan dan penghormatan terhadap hak – hak asasi manusia. Hak asasi manusia menjadi salah satu ukuran penegakkan hukum. Dalam sistem politik demokratis terjalin komunikasi serasi dan harmonis antara aspirasi publik melalui wakil – wakilnya di Parlemen.

Hakekat demokrasi yaitu mewujudkan kehendak rakyat yang dimanifestasikan melalui perjuangan wakil – wakilnya, wakil – wakil saya, wakil anda, wakil kita di Parlemen. Tetapi pada kenyataanya,  apakah  yang kita peroleh selama ini dengan menyerahkan atau mempercayakan mandat dan kedaulatan kita sebagai rakyat kepada Dewan Perwakian Rakyat? Jawabannya NOL BESAR, sebab mereka hanya sibuk dengan urusan partai dan urusan menggalang dukungan untuk kekuasaan.

Disisi lain, keteladanan, kerja keras, harmonisasi hubungan dengan rakyat, memperjuangkan aspirasi rakyat, serta penegakkan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)  sebagai dasar nilai dan konsep demokrasi dibawah RULE OF LAW telah diwujudnyatakan oleh Presiden Joko Widodo.

Pertanyaan yang terus menerus menghantui kita sampai saat ini adalah apakah Dewan Perwakilan Rakyat yang telah kita pilih, yang telah kita berikan kepercayaan untuk mengemban amanat sebagai wakil – wakil kita secara representatif untuk duduk di KURSI EMPUK Dewan Perwakilan Rakyat dapat menunjukkan kinerja yang berpihak pada   kepentingan rakyat? Atau sebaliknya sama dengan periode – periode sebelumnya, apakah DPR hanya berpihak kepada kepentingan pengusaha, atau kelompok tertentu?

Saran saya sebagai rakyat yang mempunyai kedaulatan dan telah mempercayakannya kepada mereka yang duduk di SINGGASANA PARLEMEN, hendaklah kiranya Dewan Perwakilan Rakyat bercermin kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah bekerja keras dan akan terus bekerja keras, untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Writer and Copy Right:
Dr. (Cand.) Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002


News Feed