by

IDEALISME TRANSENDENTAL JERMAN

IDEALISME TRANSENDENTAL JERMAN

 

Dalam kurun waktu (periode)  yang termasuk singkat, Jerman menghasilkan banyak sekali filsuf – filsuf besar, pujangga – pujangga, musisi dan para sarjana yang telah mempengaruhi perkembangan lebih lanjut dari pemikiran tentang hukum. Tiga filsuf besar  diantaranya yakni KANTFICHTE, dan   HEGEL, yang filsafat hukumnya memang tepat untuk diketengahkan, hampir tidak habis – habisnya mengisi produktivitas ilmiah pada waktu itu. Mereka adalah tokoh – tokoh yang sangat menonjol, dan masing – masing dari mereka mempersembahkan sebagian besar filsafatnya untuk hukum.

KANT, FICHTE, dan  HEGEL sangat berbeda dalam mengemukakan  sistem – sistem dan kesimpulan – kesimpulan dari berbagai postulat, namun mengenai  “gagasan yang pokok” pada prinsipnya  mereka sependapat. Mereka mendasarkan filsafat hukumnya pada pendapat tertentu, yang mereka temukan dengan meneliti fikiran manusia. Dalam mengkaji fikiran manusia, mereka mulai dari prinsip hakiki yang dikemukakan oleh  ARISTOTELES, yaitu bahwa  “manusia adalah makhluk berakal dengan kehendak bebas yang membedakannya dari alam, sehingga ia tunduk pada hukum – hukum dari alam fisik. Tetapi karena dikaruniai akal, ia sekaligus berbeda dari alam dan bahkan mampu mendominasinya”.

Namun demikian, meskipun orientasi  (titik tolak)  mengenai gagasan pokok yang diintrodusir  KANT, FICHTE, dan  HEGEL memberi beberapa pandangan pokok yang sama, tetapi  kesimpulan – kesimpulan mereka dalam bidang filsafat hukum sangat berbeda.

 

Created  and  Posted By:
Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002

About Author: Appe Hamonangan Hutauruk

Appe Hamonangan Hutauruk selaku Penulis tunggal pada Website: "Law Firm Appe Hamonangan Hutauruk & Associates" adalah seorang "Pegiat Penegakkan Hukum dan Hak Asasi Manusia" serta "Pemerhati Sosial Kemasyarakatan" yang berprofesi sebagai Advokat (Advocate), Konsultan Hukum (Legal Consultant) dan Dosen (lecturer) pada salah satu Universitas swasta di Jakarta, selain itu juga menduduki jabatan sebagai Ketua Umum pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama "Komunitas Masyarakat Anti Korupsi dan Penggelapan Pajak (KOMAKOPEPA). youtube.com/c/BeritaHukumKebijakanPublik

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment

News Feed