by

BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

Company Union ~ Organisasi Serikat Kerja yang dianggap sangat menaruh perhatian pada pimpinan perusahaan. Oleh karena itu, serikat tersebut kepentingan para anggotanya berhubung dapat diajak berkompromi dengan perusahaan.

Doomsday strike ~ Pemogokan yang dapat terjadi segera sebelum perundingan diawali, diciptakan untuk menekan pihak management.

Dormant company ~ Perusahaan yang tidak ada kegiatan tetapi terus menepati persyaratan hukum untuk meneruskan keberadaannya.

Double account company ~ Sistem laporan akuntansi bagi perusahaan publik, yang menjaga pemisahan neraca untuk modal dan untuk transaksi umum.

Drawn bond ~ Obligasi yang berhenti memperoleh bunga sewaktu tanggal penebusannya telah jatuh tempo.

Drug on market ~ Situasi dalam pasar yang mana sebuah komoditi terlalu banyak persediaannya, sehingga tidak dapat dijual.

Economic imperialism (Imperialisme ekonomi) ~ Luasnya kedaulatan atau pengaruh sebuah bangsa atas wilayah dan orang – orang asing untuk tujuan memperoleh bahan mentah, menciptakan pasar untuk barang – barang jadi, atau mencari kesempatan penanaman modal yang menguntungkan.

Economic indicator ~ Penggolongan informasi ekonomi, yang digunakan dalam analisis peramalan business cycle.

Economic life period (Usia ekonomi) ~ Periode yang menunjukkan suatu proyek investasi akan menghasilkan imbalan.

Economic lot size ~ Kuantitas sebuah unit persediaan yang digunakan secara teratur.

Economic Man ~ Pengembaraan seorang manusia yang digunakan dalam ilmu ekonomi. Manusia ekonomik dianggap rasional, dan berpengetahuan banyak serta bertindak sedemikian sehingga dia akan memperbesar kemanfaatan sebagaimana ia mengartikannya.

Economic mobilization ~ Setiap usaha untuk memusatkan energi produktif suatu bangsa diatas beberapa tujuan besar, seperti pertahanan nasional atau penuntutan perang yang berhasil.

Economic sanctions ~ Ketetapan untuk menjamin kesesuaian suatu keadaan, keputusan atau undang – undang dengan tindakan tindakan ekonomi, seperti boikot, embargo, pengawasan kredit, atau pembatasan perdagangan.

Economic scarcity ~ Keadaan yang ada jika tenaga beli yang tersedia pada harga – harga lazim, tidak mencukupi untuk mempertahankan fasilitas produktif untuk barang – barang konsumsi yang bekerja penuh.

Formal organization ~ Sistem pekerjaan, hubungan kewenangan tugas dan tanggung jawab yang dirancang oleh seorang manager untuk menyelesaikan pekerjaan.

FORTRAN (akronim dari Formula Translation) ~ Bahasa aljabar yang dipergunakan secara luas dalam pemberian kode aplikasi ilmiah untuk computer.

Forward price ~ Usulan untuk mengurangi ketidakpastian harga dan mendorong stabilitas yang lebih besar dalam pertanian melalui pemanfaatan sistem harga sebagai mekanisme penyesuaian.

Forward purchases ~ Barang – barang yang dibeli dalam jumlah banyak, untuk diserahkan kemudian hari dan pada harga yang telah disetujui.

Created By: Appe Hamonangan Hutuaruk

About Author: Appe Hamonangan Hutauruk

Appe Hamonangan Hutauruk selaku Penulis tunggal pada Website: "Law Firm Appe Hamonangan Hutauruk & Associates" adalah seorang "Pegiat Penegakkan Hukum dan Hak Asasi Manusia" serta "Pemerhati Sosial Kemasyarakatan" yang berprofesi sebagai Advokat (Advocate), Konsultan Hukum (Legal Consultant) dan Dosen (lecturer) pada salah satu Universitas swasta di Jakarta, selain itu juga menduduki jabatan sebagai Ketua Umum pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama "Komunitas Masyarakat Anti Korupsi dan Penggelapan Pajak (KOMAKOPEPA). youtube.com/c/BeritaHukumKebijakanPublik

News Feed