BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

TERMINOLOGI30,226 views

BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

 

Company Union ~ Organisasi Serikat Kerja yang dianggap sangat menaruh perhatian pada pimpinan perusahaan. Oleh karena itu, serikat tersebut kepentingan para anggotanya berhubung dapat diajak berkompromi dengan perusahaan.

Doomsday strike ~ Pemogokan yang dapat terjadi segera sebelum perundingan diawali, diciptakan untuk menekan pihak management.

Dormant company ~ Perusahaan yang tidak ada kegiatan tetapi terus menepati persyaratan hukum untuk meneruskan keberadaannya.

Double account company ~ Sistem laporan akuntansi bagi perusahaan publik, yang menjaga pemisahan neraca untuk modal dan untuk transaksi umum.

Drawn bond ~ Obligasi yang berhenti memperoleh bunga sewaktu tanggal penebusannya telah jatuh tempo.

Drug on market ~ Situasi dalam pasar yang mana sebuah komoditi terlalu banyak persediaannya, sehingga tidak dapat dijual.

Economic imperialism (Imperialisme ekonomi) ~ Luasnya kedaulatan atau pengaruh sebuah bangsa atas wilayah dan orang – orang asing untuk tujuan memperoleh bahan mentah, menciptakan pasar untuk barang – barang jadi, atau mencari kesempatan penanaman modal yang menguntungkan.

Economic indicator ~ Penggolongan informasi ekonomi, yang digunakan dalam analisis peramalan business cycle.

Economic life period (Usia ekonomi) ~ Periode yang menunjukkan suatu proyek investasi akan menghasilkan imbalan.

Economic lot size ~ Kuantitas sebuah unit persediaan yang digunakan secara teratur.

Economic Man ~ Pengembaraan seorang manusia yang digunakan dalam ilmu ekonomi. Manusia ekonomik dianggap rasional, dan berpengetahuan banyak serta bertindak sedemikian sehingga dia akan memperbesar kemanfaatan sebagaimana ia mengartikannya.

Economic mobilization ~ Setiap usaha untuk memusatkan energi produktif suatu bangsa diatas beberapa tujuan besar, seperti pertahanan nasional atau penuntutan perang yang berhasil.

Economic sanctions ~ Ketetapan untuk menjamin kesesuaian suatu keadaan, keputusan atau undang – undang dengan tindakan tindakan ekonomi, seperti boikot, embargo, pengawasan kredit, atau pembatasan perdagangan.

Economic scarcity ~ Keadaan yang ada jika tenaga beli yang tersedia pada harga – harga lazim, tidak mencukupi untuk mempertahankan fasilitas produktif untuk barang – barang konsumsi yang bekerja penuh.

Formal organization ~ Sistem pekerjaan, hubungan kewenangan tugas dan tanggung jawab yang dirancang oleh seorang manager untuk menyelesaikan pekerjaan.

FORTRAN (akronim dari Formula Translation) ~ Bahasa aljabar yang dipergunakan secara luas dalam pemberian kode aplikasi ilmiah untuk computer.

Forward price ~ Usulan untuk mengurangi ketidakpastian harga dan mendorong stabilitas yang lebih besar dalam pertanian melalui pemanfaatan sistem harga sebagai mekanisme penyesuaian.

Forward purchases ~ Barang – barang yang dibeli dalam jumlah banyak, untuk diserahkan kemudian hari dan pada harga yang telah disetujui.

Consolidated Mortgage (Pinjaman Hipotik yang dikonsolidasikan) ~ Suatu pinjamin hipotik yang diciptakan untuk  mengganti atau mempersatukan beberapa pinjaman hipotik yang sudah ada.

Consolidation or Fusion (Konsolidasi atau Fusi) ~ Suatu penggabungan dari beberapa badan usaha, sedangkan bentuk lama ditiadakan (bandingkan dengan pengertian MERGER).

Convertible Bonds (Obligasi yang Convertibel) ~ Surat – surat obligasi yang dapat diganti dengan saham – saham apabila pemiliknya berkeinginan demikian.

Convertible Stock (Saham  Convertibel)  ~ Saham – saham preferen yang bila pemiliknya  berkeinginan demikian, dapat ditukar dengan saham – saham biasa.

 

Created and Posted By:
Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002

Leave a Reply

News Feed